Monday, October 31, 2011

Cerita Pengalaman Haji dan Umroh

Bagian 1

Aku ingin berbagi cerita kepada pembaca blog ku saat aku di Madinah Al Munawaroh & Makkah Al Mukarromah ..semoga bisa berguna untuk menambah informasi yaaa 
Alhamdulillah tahun 2010 M atau 1431 H aku dipanggil Alloh SWT untuk melaksanakan rukun islam ke 5 umat muslim yaitu melakukan ibadah haji (2010 is unforgettable year in my life ). Aku ikut rombongan Darus Syifa Benowo Surabaya Jawa Timur. 
Berikut sekilas cerita perjalanan ibadah hajiku :
Saat hari H keberangkatan tiba, setelah sholat zuhur rombongan kami berangkat menuju asrama haji  disurabaya. Di asrama, rombongan menginap semalam saja. Aku menginap bersama rombongan dari sidoardjo. Satu kamar berjumlah 8 orang. Didalam kamar ada 4 kasur bertingkat dan 1 kamar mandi,Cukup banyak juga si hehe..ada juga yang berempat atau berenam dalam satu kamar.
Singkat cerita, besok pagi kami berkumpul di aula asrama untuk dipanggil satu-satu dan diberikan paspor  dan uang bekal haji sebesar 1500 real arab Saudi,nomor bis & pesawat. Setelah itu kita naik ke bis sesuai nomor yang dipeoleh. Saat perjalanan menuju bandara, bis kita di kawal polisi lho (baru kali ini ni dikawal hahahaa :p)
Sesampainya, bis langsung menuju pesawat yang diberangkatkan. Waktu itu kami menaiki pesawat Saudi Arabian Airlines. Hmm… Pesawat Saudi ini besar sekali (norak mode on) hihii..
Saat mencari nomor tempat duduk, ada sebagian jemaah yang tidak mengerti sehingga kami duduk tidak sesuai nomor kursi hahahaaa…
Dipesawat, pramugarinya orang Indonesia jadi tidak masalah jika butuh sesuatu (berbeda kalau umroh naik Saudi Arabian pramugarinya bukan orang indo,jadi harus bisa berbahasa inggris sedikit hohooo) Perjalanan dari Surabaya ke Madinah (waktu itu rombongan kami langsung menuju ke madinah) sekitar 10 jam. Makanan yang diberikan saat dipesawat cukup enak dan banyak porsinya, kita bisa minta jus, teh atau kopi kepada pramugari (jadi kalau naik pesawat Saudi pasti makan mulu he..)
Alhamdulillah sesampainya di Madinah, tempat imigrasi tidak ramai sekali jadi kita langsung naik bis menuju maktab (hotel) di Madinah Al Munawaroh..(senangnya minta ampunn..akhirnya bisa menginjakkan kaki lagi di madinah). Rombongan kami menginap di hotel Jawharat Al Fayroz dan lokasinya dekat sekali dengan Masjid Nabawi..dari jendela sudah kelihatan menara masjid Nabawi (Alhamdulillah hihiii..)
Dimadinah kami menargetkan untuk bisa sholat Arbain yaitu solat 5 waktu berjamaah di masjid Nabawi selama 8 kali berturut-turut. Ini hadist yang menganjurkan kita melakukan arbain:
Untuk mengetahui permasalahan sebenarnya berikut ulasannya. Dari Anas bin Malik, berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda:“Artinya : Barangsiapa melakukan shalat empat puluh shalat di masjidku ini,tidak ketinggalan satu shalatpun maka akan ditulis baginya ; terbebas darisiksa api neraka, tidak diadzab dan terlepas dari kenifakan”.
(HR : Ahmad dan Thabrani)


Masjid Nabawi
Nah..ini masjid yang paling amazing di seluruh dunia bersama masjidil harom di Mekkah
Masjid ini ada 7 tujuh tiang, luas sekalii, bagus seperti di istana (apalagi kalau malam), disana ada makam Rasullulloh saw, bersama Abu bakar As Sidik ra, dan Umar Bin Khatab ra ( Biasa disebut raudoh ) kalau jemaah pria punya waktu kapan saja untuk ke raudoh, sedangkan jemaah perempuan ada waktu2nya (abis sholat subuh, abis zuhur, abis ashar, dan abis isya sampai waktu penutupannya). Saat mau ke Raudo, kita harus antri dan bersabar..sesampainya di raudoh aku pengen sholat disana. sayang susah banget karena rame..walaupun akhirnya bisa sholat tapi selalu merasa kurang saking sebentarnya..
Diluar masjid ada payung2 yang dibuka waktu siang hari, tempat wudhu dan toilet juga banyak..letaknya ada dibawah tanah..jangan kuatir antri saat disana..karena banyak sekali toilet dan kran wudhunya Hihihiii…
Oia saat dimasuk masjid kita tidak boleh membawa hp dan camera, jadi diperiksa sebelum masuk oleh laskar masjid tapi jangan kuatir, kalau hp&camera ditaro ditas yang paling dalam bakal ga ketahuan karena mereka cepet memeriksanya hihiii..(tapi tetap harus hati2 hehee)
Dimadinah, waktu itu suhunya lumayan bagus karena saat itu musim dingin. Pagi dan malam nya dingin sekali. Siang panasnya masih sama seperti di Jakarta hohoo..
Saat di madinah rombongan melakukan jiarah ke tempat2 bersejarah seperti: Masjid Quba (klik buat Wikipedia), jabal Uhud (tempat terjadinya perang Uhud& makam para syuhada uhud), tempat kurma,jabal magnet (link wikipedia), tempat percetakan Al quran pusat (saying perempuan ga boleh masuk  ), dan masjid qiblatain. 
Saat di masjid quba, para jemaah melakukan sholat sunnah. Pahala sholat sunnah di masjid quba sama seperti pahala umroh lho. Hadist nya: 
Menurut hadits nabi yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.
There is excited and awesome for me…
Beriikut beberapa foto yang saya ambil di madinah:
masjid nabawi saat malam hari
   jabal magnet yang punya efek kebalikan dengan gravitasi bumi

 ini jabal uhud
Masjid nabawi bagian luar yang ada payung-payung




Tips-tips saat di madinah:
1. Saat di masjid Bawa sajadah, tasbih, tempat air untuk membawa air zam-zam, Alquran kecil kalau mau mengaji dan menandainya (sebenarnya dimasjid sudah ada Al Quran banyakk sekalii sih)
2. Bawa plastiik untuk menaruh sandal  karena kuatir hilang saat sandal ditaruh ditempat sandal, jadi sandal kita diatauh di tempat dekat kita solat ( sebenarnya ada juga tempat sandal di dalam masjid tapi ga bisa kita temukan disetiap tempat)
3. Kalau mau ke Raudoh ga usa banyak bawa barang karena akan ramai sekali disana 
4. Bawa penyemprot muka yang berisi air untuk menjaga kita dari mengantuk (entah kenapa selama berlama-lama di masjid aku pasti mengantuk hehee)
5. Kalau dibandingin sama mekkah, harga2 barang di madinah lebih murah deh hehee
6. Dimadinah ada beberapa restoran/kedai masakan Indonesia. Ada bakso yang lumayan murah dengan harga 5 real :P, tapi jika direstoran sudah diatas 10 real
7. Kalau pagi-pagi (abis sholat subuh) banyak orang Indonesia yang jualan nasi uduk,kerupuk dsb disekitar pinggiran toko..harganya murah sekitar 1-5 real saja (tapi kita harus pagi2 sekali biar kebagian,sekitar jam 6 lewat sudah habis nasi uduknya) oia, dimadinah ada roti yang enak dan empuk harganya cm 2 real (beda sm roti arab yang besar2 dan keras) biasanya di toko2 penjual makanan&minuman. Sedangkan air mineralnya cm 1 real
8. Ingat baik2 letak hotel tempat kita tinggal..cari tempat yang bisa dijadikan patokan agar tidak nyasar mencari hotel setelah dari masjid/berbelanja
9. Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal
10. Kalau mau sholat ke masjid berangkat setengah jam sebelum azan biar bisa dapat tempat sholat didalam masjid. (untuk yang hotelnya dekat dengan masjid, jika jauh harus lebih cepat lagi)
11. Kalau ga kebagian sholat di dalam masjid bisa si sholat dibagian luar, tapi jangan menyerah..ternyata didalam masjid ada shaf2 yang bolong atau kosong..jangan sungkan dengan jemaah luar..kadang mereka baik2 dan menawarkan tempat.

Semoga bermanfaat :)




5 comments:

  1. Tips2nya umroh menarik untuk disimak
    jadi pelajaran buat orang yang baru berangkat umroh
    syukron

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu. Coba Bang Haji share di ruharamain.net biar makin banyak orang yang terbantu. amiin

    ReplyDelete
  3. Memang kalau sedang menunggu waktu shalat Isya suka mengantuk ya, secara udara mesjid Nabawi sejuk sekali hehehe

    Kalo pengalaman saya bisa dibaca disini
    https://ceritanggita.blogspot.co.id/2017/03/pengalaman-umroh-hari-pertama-syahdunya.html

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. cerita sangat menginspirasi sekali dan bermanfaat buat yang baru pertama kali haji..terima kasih ya sudah berbagi kak thoyibah

    ReplyDelete
  5. Ceritanya sangat menarik tentang pengalaman umroh nya,.,

    ReplyDelete

please comment ;)